Pada artikel ini saya akan membuat sebuah objek dengan menggunakan aplikasi Blender. Blender adalah perangkat lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer dikalangan desainer. Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Dibawah ini akan dijelaskan bagaimana cara membuat sebuah pohon cemara dengan menggunakan blender.
Pertama yang harus kita lakukan adalah membuka aplikasi blender. Kemudian akan muncul jendela seperti dibawah ini :
Kemudian klik objek yang berada di belakang window kecil tersebut. Objek yang pertama kali muncul adalah sebuah kubus.
Untuk membuat sebuah pohon samara, objek yang dibuthkan adalah tiga buah kerucut (cone) dan sebuah tabung (cylinder). Oleh karena itu, kita tidak membutuhkan bentuk kubus ntuk membuat pohon, maka hapus kubus tersebut dengan menekan tombol x maka akan muncul seperti ini
Klik delete, maka kubus akan terhapus. Untuk memasukkan bentuk kerucut, kita dapat menekan tombol shift+a dan pilih cone.
Kemudian copy cone tersebut menjadi tiga buah cone. Yaitu dengan cara menekan tombol shift+d. Maka cone akan menjadi dua, apabila kita ingin membuat cone yang lurus dan simetris posisinya dengan cone yang pertama, maka tekan tombol shift+d+z, ini berarti cone tersebut dapat digeser berdasarkan sumbu z (vertical). Buat menjadi tiga buah cone, seperti gambar dibawah ini :
Jika sudah, kita dapat merubah ukuran dari cone tersebut, pada cone yang teratas, ukurannya diperkecil, dan untuk cone yang terbawah, ukurannya diperbesar. Untuk mengubah ukuran cone, dapat mengklik tombol s pada keyboard. Kemudian geser kursornya, maka ukuran cone akan mengikutinya. Gunakan klik kanan untuk menselect objek tersebut. Maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini
Setelah itu, kita akan membuat sebuah batang dengan menambahkan cylinder. Caranya sama dengan menambahkan cone, yaitu dengan menekan tombol shift+a, lalu pilih cylinder.
Untuk memperbesan atau memperkecil ukuran batangnya, tekan tombol s. Dan untuk memperkecil diameternya tekan tombol s dan x kemudian geser kursornya. Jika sudah, geser cylinder tersebut sampai tepat di tengah dari daunnya dengan mengklik arah panah yang berwarna merah, hijau, atau biru. Seperti gambar disamping ini.
Selanjutnya adalah memberikan efek smooth objeknya dengan cara klik kanan objeknya, kemudian klik tombol smooth pada toolbar shading.
Maka pohon akan menjadi seperti ini.
Selanjutnya berikan warna pada objek yang kita buat, dengan mengklik menu material yang ada disebelah kanan jendela, lalu pilih new. Klik wanar putting yang terdapat pada menu Diffuse, kemudian pilih warnanya.
Kemudian perbanyak pohon tersebut dengan menekan tombol shift+d. Sebelum itu, kita harus menselect keempat obejk tersebut dengan mengklik tombol b lalu klik dan tahan kursornya sampai keempat objek tersebut terselect. Setelah itu baru dapat mengcopy pohonnya sebanyak yang kita mau.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar